Home » , » Menganti, Wisata pantai dari perbukitan kapur yang luas dengan menghadap ujung selatan Bumi.

Menganti, Wisata pantai dari perbukitan kapur yang luas dengan menghadap ujung selatan Bumi.



Istimewa, memang sangat pantas sebutan istimewa intuk pantai yang satu ini. Terletak di selatan pulau jawa, berbatasan dengan samudera Hindia.

Kebumen, tak habis membahas potensi wisata kebumen yang cukup banyak, mulai dari wisata alam, wisata bahari, dan wisata sejarah. Kali ini kita bahas wisata alam dari Kabupaten Kebumen, Menganti. Terletak di sebelah selatan Kebumen, tepatnya Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berlokasi 40 km dari Kecamatan Gombong.

 
Akses menuju pantai yang cukup ekstrim menjadi tantangtan tersendiri untuk mencapai tujuan. Perjuangan menuju lokasi yang melelahkan akan segera terbayar ketika memasuki gerbang masuk terlihat hampaaran bukit kapur yang menjulang tinggi dan luarnya samudera Hindia. Untuk mencapai tujuan, terdapat beberapa rute yang dapat ditempuh dari berbagai tempat sekitar Kebumen.
 


Pertama jika anda berada di Gombong, anda bisa mengambil arah ke Puring, belok kanan menuju Pantai Suwuk dan dilanjutkan menuju pantai Menganti. Dengan melewati jalan yang cukup menantang karena penuh dengan tingkungan tajam dan tanjakan yang curam, berhati – hatilah dan jangan lupa selalu nyalakan klakson setiap melewati tikungan tajam. Jika anda memilih rute ini jaraknya hanya 38 kilometer saja.

Selanjutnya jika anda dari arah Cilacap, anda dapat menempuh rute lingkar selatan kebumen, tepatnya dengan melewati pesisir selatan cilacap yang nantinya akan tembus di perbatasan Cilacap – Kebumen. Jarak yang ditempuh cukup panjang ± 45 km. Jarak yang cukup panjang itu jangan khawatir, karena akses jalan melewati jalan ini sudang halus dan lebar sehingga membuat nyaman untuk memacu kendaraan anda.

Namun dengan perjalanan selama dan sesulit itu nakal terbayarkan lunas jika sudah sampai di Pantai Menganti Kebumen ini. Dengan hamparan pasir putih yang di padukan dengan birunya air laut serta di kelilingi oleh buki-bukit hijau dan tebing alam yang menjulang tinggi bakal membuat perasaan anda takjub dan betah untuk bermain-main di lokasi ini.

Selain bermain air atau hanya duduk – duduk menikmati pemandangan alam, anda bisa juga berbaur dengan keseharian para nelayan setempat yang sangat bersahaja. para nelayan ini biasanya duduk – dudul di kapal mereka pada siang hari, dan baru akan melaut saat menjelang malam.

Jika anda ingin pemandangan yang leboh keren, eksotis, dan menakjubkan, para anda bisa naik ke bukit yang berada di sisi timur pantai. Di puncak bukit ini juga tertdapat mercusuar setinggi 20meter yang di dirikan para Belanda di tahun 1912-1915. Di lokasi ini anda bisa menikmati seluruh kawasan pantai dengan lekuk-lekuk bukit karang yang membentang dan di padukan birunya air samudera.

Menurut cerita warga sekitar pantai ini, dulu kala ada seorang panglima perang dari kerajaan Majapahit yang melarikan diri ke pesisir selatan Jawa karena hubungannya yang dengan sang kekasih yang tidak di restui oleh Raja. Dan mereka bersepakat untuk bertemu du tepi samudra yang berpasir putih nan indah. Sepanjang hari, sang panglima pun terus menanti sang pujaan hati yang rupanya, sang pujaan hati itu tidak kunjung tiba di atas bukit kapur. Dan sang panglima itu terus menanti dan menanti hingga lama. Dan berdasarkan cerita itulah asal mula nama Pantai Menganti.

Jika anda ingin bermalam di sini juga bisa menggunakan tenda-tenda maupun menyewa atau menginap di rumah penduduk. Memang, fasilitas di pantai ini belum memadahi seperti pantai – pantai lainnya. Di karenakan baru pada tahun 2011 pemerintah desa setempat dan Pemerintah kabupaten membukanya untuk umum. Di harapkan kedepannya pemerintah desa setempat dan pemerintah dapat lebih serius dalam menggarap pantai ini sehingga bakal menjadi pantai yang sangat wajib di telusuri saat berada di kebumen. Ayo treveller, Indonesia itu indah, masa masih dikamar aja.... Selamat Berlibur.... :)

0 comments:

Post a Comment