Home » , » Benteng peninggalan bangsa Belanda di Cilacap, BENTENG PENDEM

Benteng peninggalan bangsa Belanda di Cilacap, BENTENG PENDEM

Terletak diujung Kabupaten Cilacap dan di kawasan Pertamina. Benteng Pendem Cilacap atau dalam bahasa belanda bernama Kustbatterij op de Landtong te Cilacap, dibangun 1861, adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Telukpenyu, Cilacap, Jawa Tengah. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 – 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986 (sumber : wikipedia).

Benteng yang berada di kawasan Pertamina ini memliki total luas 10,5 Ha. Pertamina menggunakan lahan sekitar 4 Ha. Kawasan benteng yang dieksplorasi baru sekitar 60%. Memasuki kawasan wisata Benteng Pendem dikenakan biaya retribusi parkit sebesar Rp.5000,- untuk kendaraan besar. Kawasan benteng pendem sangatlah mudah untuk dicari, berada tepat di depan pesisir pantai teluk penyu, yang telah kita bahas pada postingan sebelumnya.


Untuk retribusi kawasan wisata ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan kocek yang terlalu besar. Hanya Rp.4000,- untuk setiap orang, sekali masuk, harga yang pantas dan sangatlah murah bagi kalian pecinta travelling dan wisata sejarah. Di kawasan wisata ini terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai dan menikmati luasnya benteng pendem.

Benteng ini dikelilingi parit yang cukup luas dan dalam. Konon dahulunya parit ini lebarnya 18 m dengan kedalaman 3 m. Namun sekarang lebar parit hanya sekitar 5 m dan kedalaman hanya 1 – 2 m saja. Parit ini pada awalnya berfungsi sebagai pelindung benteng dari ancaman musuh.


Dalam benteng ini terdpat barak yang yang berisi 14 ruangan. Setiap ruangan yang ada dapat diisi oleh 30 prajurit. Dua ruang terakhir yang lebih luas digunakan untuk ruangan para komandan. Di sebelah kanan terdapat ruang penjara I seluas 6 m2 yang dibangun pada 1869. Difungsikan sebagai tempat penahanan pertama atau ruang interogasi. Di dalamnya terdapat lingkar besi yang menempel dinding. Gunanya untuk memborgol tahanan dengan posisi tangan terbentang, atau bahkan lebih ekstrim lagi dengan kaki terbentang pula.


Menyusur masuk di sisi kiri terdapat klinik yang dibangun tahun 1879 oleh Belanda dan difungsikan juga oleh tentara Jepang saat menduduki Indonesia. Bangunan ini terdiri dari ruang tindakan dan perawatan pasien.


Naik ke gundukan atas terdapat benteng yang dibangun tentara Jepang pada tahun 1942. Tempat ini merupakan bunker tempat perlindungan tentara. Di dalamnya ada 7 ruang. Yang terlihat dari atas adalah sebuah lubang besi yang berfungsi sebagai tempat ventilasi, terletak tegak lurus sekitar 3 m ke bawah tanah.

Tertrik berwisata ke benteng pendem...?? lokasi yang tidak terlalu sulit untuk ditelusur. Penuh dengan tantangan dan patinya dapat pengalaman dan ilmu sejarah yang baru. Ayo guys, nikmati wisata indonesia dan pastinya, jaga selalu wisata indonesia...
INDONESIA ITU KEREN, MASA MASIH DIRUMAH AJA... COME ON GUYS.. J

0 comments:

Post a Comment