Home » , » Goa petruk, Situs peradaban yang ada di Kabupaten Kebumen Selain Jatijajar

Goa petruk, Situs peradaban yang ada di Kabupaten Kebumen Selain Jatijajar

Kebumen memang memiliki beragam spot pariwisata yang sangatlah perlu untuk dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Ada beberapa pantai yang sangat indah untuk dikunjungi dan dinikmati keindahannya, namum kali ini kita tidak akan membeahas pantainya, melainkan Goa. Seperti yang telah diketahui sejak lama, Kebumen memiliki Goa yang menjadi sejarah tentang Legenda Raden Kamandaka yang berada di Goa Jatijajar, selain Goa Jatijajar Kebuemen memiliki Goa lain yang perlu kita bahas dan lestarikan. Goa tersebut diberi nama Goa petruk.




Terletak lebih selatan dari Goa Jatijajar, tepatnya 7 Km keselatan dari gerbang masuk Goa Jatijajar. Nama Goa petruk diilhami dari pengikut setia Pandawa dalam sebuah cerita pewayangan. Mempesona merupakan sebutan yang pantas untuk menjuluki Goa ini. Air kapur yang selalu menetes dari langit – langit goa tiada henti memberikan suara yang menyejukan. Seperti kebanyakan goa pada umumnya, goa ini juga dihiasai stalaktit yang menyerupai bentuk dari kehidupan di dunia ini. Gambaran gambaran yang menyerupai makhluk hidup di dunia tergambar disini, contohnya gambaran anjing saat duduk.

Terdapat beberapa boneka – boneka kecil ada dalam goa ini, diantara aliran air dalam goa yang sejuk. Terdapat pula stalaktit yang menyerupai makanan khas Banyumas, Nopia. Pengunjung dapat dengan mudah memegang stlaktit ini, dikarenakan letaknya yang tidak terlalu tinggi.


Goa Petruk merupakan goa dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk menjelajahnya. Dibutuhkan keberanian dan jiwa petualang yang cukup tinggi untuk menaklukan Goa ini. Ayo guys, buat kalian yang punya nyali tinggi, taklikanlah Goa Petruk ini. Kebumen masih punya banyak spot wisata yang patut anda kunjungi, salah satunga Goa Petruk ini.

Tak ada kata bosan untuk mengingatkan kalian – kalian para traveller sejati, bahwa indonesia itu keren. Indonesia itu kaya akan potensi wisata yang patut untuk kita nikmati. Dan pastinya perlu dijaga pula, Ibdonesia itu Indah,,, masa kalian masih dikamar aja... come on guys, pariwisata indonesia menanti. SELAMAT BERLIBUR...

0 comments:

Post a Comment