Home » , » Lokawisata alam Curug Cipendok yang membahana

Lokawisata alam Curug Cipendok yang membahana


Curug Cipendok yang membahan – Banyumas memiliki kawasan hutan yang cukup luas, diantaranya wilayah hutan di kecamatan Cilongok tepatnya di lereng Gunung Slamet bagian barat daya dari puncak gunung. Terdapat sebuah air terjun yang tingginya mencapai 92 m. Suasana sunyi masih sangat terasa di wilayah tersebut, mungkin karena dikelilingi oleh hutan. Udara yang sangatlah sejuk melengkapi suasana sunyi di wilayah Cipendok, terdapat area perkebunan dan terdapat pula bumi perkemahan.

Curug Cipendok yang membahan - Keindahan alam Curug Cipendok baru dilirik pemerintah kabupaten Banyumas pada tahun 1984 dan pembukaannya secara resmi sebagai obyek wisata baru dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 1987 setelah membangun sarana ala kadarnya, seperti tempat peristirahan dan mushola. Usaha-usaha peningkatan pelayanan juga masih terus dilakukan. Hal ini terbukti dengan berbagai langkah yang diambil pemerintah dalam usaha mempromosikan lewat peta pariwisata Banyumas dan pengadaan sarana demi saran untuk dapat menunjang kenyamanan pengunjung. Seperti terlihat dari pembangunan tempat bermain anak, pementasan hiburan, perbaikan jalan, penambahan obyek wisata yaitu Telaga Pucung yang berada sekitar 500 meter arah barat dari lokasi Curug, dll (Sumber Wikipedia Indonesia)



Curug Cipendok yang membahan – Daya tarik objek wisata ini adalah telaga dengan air yang cukup jernih dan di sekitarnya dikelilingi hutan yang masih alami. Selain itu, wisatawan juga dapat mendengar suara-suara burung langka seperti elang Jawa yang terbang berputar-putar di atas telaga. Apalagi, bagi pengunjung yang beruntung dapat melihat spesies endemik sejenis monyet berwarna abu-abu yakni rek-rek.

Curug Cipendok yang membahan – Tempat wisata yang masuk dalam wilayah Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur tersebut mulai dibenahi dengan berbagai fasilitas, karena dijadikan tujuan wisata secara resmi. KPH Banyumas Timur telah melengkapi dengan tempat parkir, tempat istirahat, dan kamar mandi. Bahkan, Perhutani telah memberi nama-nama pohon langka yang hidup di situ. Tujuannya tidak lain diperuntukkan bagi para pelajar, di samping menikmati alam, mereka juga dapat mengenal tumbuh-tumbuhan langka yang hidup di tempat itu.

Curug Cipendok yang membahan – Curug Cipendok terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Lokasi air terjun ini cukup mudah untuk dicapai. Jalan menuju lokasi sudah diaspal semua. Sampai lokasi parkir, kemudian harus berjalan menuju lokasi air terjun. Di jalan menuju lokasi, banyak warung yang menjajakan Mendoan, susu murni yang bisa ditemukan di warung-warung rumah penduduk. Perkebunan tomat, cabai dan seledri cukup menarik dinimati dalam perjalanan menuju lokasi. Belum lagi sungai-sungai kecil denga air jernih mengalir, bisa mengundang untuk turun sejenak merasakan sejuk dan jernihnya air pegunungan. Bila hari besar seperti libur lebaran, lokasi ini cukup ramai dikunjungi setiap tahunnya.

Curug Cipendok yang membahan – akses mudah menuju Curug Cipendok, dapat ditempuh melalui Kota Purwokerto, menuju arah Ajibarang. Kemudian lurus sampai di pertigaan Losari, sekitar 14Km dari Purwokerto. Selanjutnya lihat papan penujuk jalan yang menunjukan Curug Cipendok kira – kira 8Km dari pertigaan Losari tadi.

Curug Cipendok yang membahan – Parkir luas di area Curug Cipendok, tetapi masih 500m lagi sampai di Curugnya. Akses 500meter hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki, akan tetapi para wisatawan tidak perlu takut capek, karna sepanjang jalan akan ditemani suara – suara serangga khas hutan tropis. Rasa lelah dan capek akan terasa hilang ketika sampai tujuan, terdengar suara gemuruh seperti hujan lebat, dan itu lah suara dari jatuhnya air yang hampir mencapai 100 dari ujung curug sampai di dasar

0 comments:

Post a Comment