Home » , » Museum Wayang Sendang Mas Banyumas, Museum Wayang terlengkap yang ada di Kabupaten Banyumas.

Museum Wayang Sendang Mas Banyumas, Museum Wayang terlengkap yang ada di Kabupaten Banyumas.


Museum Wayang Sendang Mas Banyumas – Banyumas, Kabupaten dengan beragam kebudayaan dan pariwisata yang tak kalah dengan Kabupaten lain di Jawa Tengah. Adat jawa sering kali dihubungkan dengan kisah pewayangan, maupun kisah legenda dari wilayah itu sendiri. Wayang itu sendiri juga dikelompokan menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah Wayang kulit, Wayang Golek, maupun Wayang Orang.

Museum Wayang Sendang Mas Banyumas – Banyumas juga memiliki kekayaan itu yang tertata rapi di Museum, ialah Museum Wayang Sendang Mas, Museum yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 1982 ini sebelumnya merupakan tempat paseban bagi para tamu bupati. Berdiri dengan luas bangunan 250m2, diatas tanah seluas 2000m2 yang dahulunya merupakan gedung lama Kabupaten Banyumas sebelum pindah ke Purwokerto.



Museum Wayang Sendang Mas Banyumas – Museum Wayang Sendang Mas Banyumas menyimpan gamelan lengkap dengan kelir dan jejeran gunungan dan para Punakawan Pandawa seperti Semar, Gareng, Petruk, Bagong, dan Bawor. Pagelaran wayang yang dilihat dari belakang kelir juga disebut dengan wayang bayangan.

Museum Wayang Sendang Mas Banyumas – juga terdapat alat musik tradisional Banyumas ayng disebut dengan Calung. Perangkat pelengkap gamelan tersebut berasal dari kata “carang pring wulung” atau dalam bahasa indonesia berarti “ujung bambu wulung”. Calung sendiri terdiri atas gambang barung, gambang penerus, dhendhem, kenong gong dan kendhang.


Museum Wayang Sendang Mas Banyumas – koleksi lainnya yang terdapat pada Museum ini adalah gunungan dengan aksara jawa didalamnya yang di apit oleh Petruk, Gareng, Ki Semar, dan Bawor. Banyumas juga memiliki maskot dari pewayangan yaitu sosok Bawor. Bawor menjadi maskot Banyumas karena dipercaya mempresentasikan karakter umum pada orang – orang Banyumas yang sering ceplas – ceplos, spontan, terbuka, jujur, sportif dan pastinya bertanggung jawab.

Museum Wayang Sendang Mas Banyumas – masih banyak lagi koleksi yang terdapat di museun ini. Keinndahan isinya membuat kita bangga, bahwa Indonesia kususnya Banyumas memiliki keaneka ragaman budaya yang perlu kita lestarikan. Untuk mencapai Museum Wayang Sendang Mas Banyumas, tidaklah susah mencari alamatnya. Berdiri kokoh di wilayah bekas pemerintahan Kabupaten Banyumas yaitu di Jln. Gatot Subroto No.1 Banyumas, buka setiap hari senin sampai dengan hari kamis, dengan jam buka antara pukul 08.00 – 14.00, sementara pada hari jum’at buka mulai jam 08.00 sampai dengan jam 11.00, lalu pada hari sabtu buka dari jam 08.00 – 12.45.

Museum Wayang Sendang Mas Banyumas – dengan hanya bermodal uang Rp. 1000,- kita dapat masuk dan menimba ilmu sejarah dan budaya tentunya dari Kabupaten Banyumas sendiri. Demikian informasi Museum Wayang Sendang Mas Banyumas, semoga dapat menjadi reverensi bagi para treveller yang cinta akan budaya dan sejarah.

Butuh informasi tentang gadget baca disini dan klik disini

0 comments:

Post a Comment